UKK SMK TP 2021/2022

Berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk (1) Mengetahui tingkat capaian hasil belajar/kompetensi peserta didik; (2) Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik; (3) Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik; (4) Mengetahui efektivitas proses pembelajaran; dan (5) Mengetahui pencapaian kurikulum. Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum memahami esensi penilaian dan memenuhi tujuan penilaian seperti standar yang telah ditetapkan.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. (dikutip dari https://smk.kemdikbud.go.id/).

Kelas XII semua jurusan telah melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) pada tanggal 17-24 Mei 2022. Masing-masing jurusan diuji oleh penguji internal yang berasal dari masing-masing guru produktif dan penguji eksternal yang merupakan tenaga-tenaga profesional seperti dari Toyota Kartika Sari, Ahass Asia Motor, Paradise Pictures, Metro Solusindo, & Maxzer Steril Solution. Dengan diadakannya UKK ini diharapkan siswa bisa memperoleh tolak ukur terhadap standar kompetensi yang harus mereka capai dan kuasai sebagai syarat terjun ke dunia Usaha dan Industri.

Tulisan Terkait

Share This